-->

Buah Kakao Untuk Hari Tua

Buah Kakao  | jejakusaha.comJejakusaha.com|Kakao atau coklat merupakan tumbuhan tahunan, kakao sendiri merupakan pohon dari Amerika Selatan yang penyebarannya hampir ada di seluruh benua, olahan dari kakao ini menghasilkan produk berupa coklat, tumbuhan ini biasanya di budidayakan oleh masyarakat dan perkebunan, harga jual dari kakao di pasaran sangat tinggi hal ini dikarenakan pengolahan yang sedikit lebih rumit hingga menjadi olahan coklat.

Buah kakao yang di panen biasanya memiliki warna yang berbeda ketika masih muda, jika buah muda berwarna merah maka ketika sudah tua atau masak akan memiliki warna terang seperti kuning.

Pembudidayaan sebenarnya bisa memakai sistem tumpang sari, mencampur antara tanaman mayoritas, namun bisa juga menanamnya secara General atau menyeluruh, di perkampungan biasanya masyarakat menanamnya tidak dengan partai besar, sehingga produksi dari kakao sangat sedikit, hal ini hanya untuk membuat lahan kebun menjadi terisi oleh tanaman.

Buah Kakao  | jejakusaha.com
Pohon Kakao yang sedang berbuah | www.jejakusaha.com
Sebenarnya jika di beri perhatian khusus, kakao dapat menjadi tabungan hari tua, sebab perawatan dan pemanenan tidaklah sesulit tanaman yang lain, kita hanya menjual biji kakao kering, proses pengeringannya pun tergolong mudah dan ringkas.

Hasil dari buah kakao biasanya dijual ke pengepul dengan harga tinggi, harga itu sendiri tidak terlalu terpengaruh oleh harga lainnya, hal ini dikarenakan  permintaan akan biji kakao sangatlah tinggi di pasar dunia. (as)





Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Buah Kakao Untuk Hari Tua"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel